Selasa, 08 November 2011

PROFIL YAYASAN

YAYASAN SOSIAL DAN PENDIDIKAN (YASPI)
MUBTADIUL HUDA “WAHYU PURWO”




Pendahuluan

Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo” adalah sebuah organisasi atau charitable, didirikan berdasarkan hukum di Republik Indonesia dengan Akta Notaris nomor 29 tanggal 18 Januari 2011. Tujuan utama dari organisasi ini adalah :

1.   TUJUAN SOSIAL, yaitu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan dampat positif bagi sosial/masyarakat sekitar, baik dari segi ekonomi maupun ahlak dan budaya, melalui pendidikan ketrampilan, balai latihan kerja, kegiatan agro bisnis, santunan anak yatim dan fakir miskin, serta mendirikan rumah singgah.

2.  TUJUAN PENDIDIKAN, menyelenggarakan kegiatan pendidikan baik formal maupun non-formal untuk meningkatkan intelektualitas masyarakat, khususnya masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah kebawah dengan mendirikan Lembaga Pendidikan yang terjangkau oleh masyarakat ekonomi menengah kebawah, serta memfasilitasi masyarkat ekonomi menengah kebawah dalam upaya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai melalui bea siswa dan donatur.

3. TUJUAN KEAGAMAAN, menyelenggarakan kegiatan dan syi’ar serta pendidikan keagamaan yang berlandaskan pada faham Ahlussunnah wal Jama’ah melalui TPQ, Madrasah, Majelis Ta’lim dan Jam’iyyah.  

Kebijaksanaan dari organisasi ini adalah untuk membantu masyarakat dan orang–orang yang membutuhkan, tanpa memandang agama, suku bangsa, ras, status sosial, usia dan apapun keadaannya. Namun kata ”membutuhkan” akan dinilai berdasarkan tiap permasalahan orang. Hal ini bertujuan untuk memberikan lingkungan yang dapat memberikan dorongan semangat, perhatian, kegembiraan dan stabil yang memberikan pengertian yang bagus tentang yang benar atau yang salah, dan pengertian antara satu sama lain yang saling membutuhkan dalam berinteraksi dengan yang lainnya.

Aturan dan Kebijakan Yayasan secara terperinci tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah  Tangga (AD/ART) Yayasan yang telah disahkan oleh notaris dalam Akta.

A.        PROFIL
1.       Nama
Yayasan ini bernama Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo”

2.       Tempat dan Kedudukan

Yayasan ini berkedudukan/berkantor  di Desa Lodaya RT. 02 RW. O1 Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah Kode Pos 52353  
Nomor Telephon : 0284-5850373

Nomor Rekening  :

2068-01-000768-53-5 an. YASPI MUBTADIUL HUDA BRI KCP RANDUDONGKAL

3.       Logo/Lambang

Logo/Lambang Yayasan terdiri dari:
a.    KITAB DENGAN 6 GARIS LURUS : 6 RUKUN IMAN
b.    KERIS LUK 5 : 5 RUKUN ISLAM / SYARI'AT
c.     BOLA DUNIA : KEHIDUPAN DUNIA
d.    MASJID : KEHIDUPAN AKHERAT
e.    BINTANG BESAR : RASULULLAH SAW
f.     4 BINTANG SEBELAH KANAN : 4 SHAHABAT RASULULLAH SAW (KHULAFA'UR ROSYIDIN)
g.    4 BINTANG SEBELAH KIRI : 4 MADZHAB AHLUSSUNNAH WAL JAMA'AH
h.    9 BINTANG KESELURUHAN : WALI SANGA (9 WALI PENYEBAR ISLAM DI TANAH JAWA)
i.      MUBTADIUL HUDA ARTINYA PERMULAAN PETUNJUK
j.      WAHYU PURWO BERARTI PETUNJUK PEMBUKA

Logo/Lambang Yayasan mengandung makna:

DIAWALI DENGAN PETUNJUK DARI ALLAH MENGHARAP AGAR DIBUKAKAN PETUNJUK DENGAN DASAR KEIMANAN DALAM SEGALA SENDI KEHIDUPAN YANG DIWUJUDKAN DENGAN PELAKSANAAN SYARIAT YANG DIBAWA RASULULLAH SAW, DENGAN SEMANGAT KHULAFAUR ROSYIDIN DAN BERPEDOMAN PADA 4 IMAM MADZHAB AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH SERTA DENGAN MENGIKUTI SIRAH/JEJAK DAN SEMANGAT PERJUANGAN  PARA SALAFUSSHOLIH / WALI SANGA  SEBAGAI SENJATA UNTUK MERAIH KEBAHAGIAAN HIDUP DUNIA DAN AKHERAT

4.       Visi
MERAIH KEBAHAGIAAN HIDUP DUNIA DAN AKHERAT DENGAN PETUNJUK ALLOH MELALUI KEIMANAN, PELAKSANAAN SYARIAT DAN KEHIDUPAN SOSIAL YANG BERBUDAYA DAN BERTRADISI

5.       Misi
a.        menyelenggarakan kegiatan dan syi’ar serta pendidikan keagamaan yang berlandaskan pada faham Ahlussunnah wal Jama’ah melalui TPQ, Madrasah, Majelis Ta’lim dan Jam’iyyah.
b.      menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat memberikan dampat positif bagi sosial/masyarakat sekitar, baik dari segi ekonomi maupun ahlak dan budaya, melalui pendidikan ketrampilan, balai latihan kerja, kegiatan agro bisnis, santunan anak yatim dan fakir miskin, serta mendirikan rumah singgah.
c.       menyelenggarakan kegiatan pendidikan baik formal maupun non-formal untuk meningkatkan intelektualitas masyarakat, khususnya masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah kebawah dengan mendirikan Lembaga Pendidikan yang terjangkau oleh masyarakat ekonomi menengah kebawah, serta memfasilitasi masyarkat ekonomi menengah kebawah dalam upaya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai melalui bea siswa dan donatur


B.        KELEMBAGAAN
Untuk saat ini lembaga yang dibuat dan berada dibawah naungan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo”  adalah :

1.       TPQ MUBTADIUL HUDA
PROFIL TPQ
TPQ (Taman pendidikan AlQur’an) merupakan lembaga pendidikan pengenalan dan pembelajaran Al Qur’an bagi anak-anak usia pra sekolah.  Lembaga ini di bawah naungan Departemen Agama Republik Indonesia.


2.       KELOMPOK BERMAIN (KB) MUBTADIUL HUDA

KB MUBTADIUL HUDA adalah layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagaimana disebutkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah lembaga yang menyelenggarakan dan mengupayakan pembinaan yang ditujukan kepada anak sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.


Untuk selanjutnya Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo”  ingin mewujudkan lembaga antara lain:
1.       RUMAH SINGGAH/PANTI WREDA/PANTI ASUHAN
2.       PANTI REHABILITASI GANGGUAN JIWA DAN KETERGANTUNGAN NARKOBA
3.       BALAI LATIHAN KERJA/PENDIDIKAN KETRAMPILAN/KURSUS
4.       BALAI PENGOBATAN
5.       KOPERASI
6.       Lembaga lain yang memiliki manfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat

C.        PROGRAM KEGIATAN

Program kegiatan yang sudah dijalankan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo” baik secara mandiri maupun kemitraan antara lain :
1.       Majelis Ta’lim
2.       Pesantren Akhir Pekan
3.       Majelis Istighotsah dan Manaqib
4.       Jam’iyyah Tahlil dan Mawlid

Rencana program kegiatan yang ingin dilaksanakan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo” antara lain :
1.       Kegiatan Kesenian Dan Budaya
2.       Kegiatan ekonomi yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan penurunan jumlah pengangguran serta dapat menjadi sumber dana bagi yayasan baik secara mandiri maupun kemitraan



PENUTUP

Demikian gambaran keadaan dan profil Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo”. Semoga apa yang menjadi maksud dan tujuan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASPI) Mubtadiul Huda “Wahyu Purwo” terwujud dan mendapat ridlo dari Alloh SWT. Amiin.